Manfaat Sebuah Taman Di Sekolah

Sekolah adalah sebuah tempat yang digunakan oleh para siswa untuk belajar dan menuntut ilmu. Sekolah merupakan sebuah bangunan yang didirikan beserta fasilitas-fasilitasnya. Oleh sebab itu sebuah Sekolah sangat penting dibuat untuk senyaman mungkin dengan disediakannya fasilitas dan sarana yang dapat menunjang proses belajar para siswa. Fasilitas pendukung pada sebuah sekolah diantaranya terdapat perpustakaan, laboratorium, lapangan olahraga, dan sebagainya. Selain sarana dan fasilitas yang memadai, sekolah juga membutuhkan lingkungan yang nyaman bagi para siswanya. Karena itu sekolah harus mempunyai sebuah taman yang berada di dalam sekolah yang biasanya disebut taman sekolah.

Berikut ini adalah fungsi taman sekolah :
1.Manfat dalam pelajaran Biologi dan Pendidikan Lingkungan Hidup
– Dengan adanya Taman sekolah dapat berfungsi sebagai laboratorium hidup di dalam sekolah. Dengan memanfaatkan sebuah taman dan kebun para pengajar dapat langsung memperaktikan metode pembelajaran kontekstual dan aneka metode pembelajaran yang menyenangkan, dengan memperlakukan siswa siswinya sebagai subyek yang mampu untuk mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Sehingga siswa akan memperoleh pengalaman yang nyata serta bisa dijadikan sebagai bekal untuk memecahkan sebuah permasalahan yang ada di dalam kehidupan sehari-hari.
– Sebuah taman sekolah juga dapat berfungsi sebagai penyedia bahan-bahan tanaman untuk demonstrasi atau praktikum dalam pelajaran biologi atau lingkungan hidup. Murid-murid bisa belajar melalui praktek tentang proses pertumbuhan, morfologi dan keanekaragaman hayati dari koleksi tumbuhan yang ada.
– Dengan adanya Taman sekolah, Para guru jiga bisa meningkatkan kecakapan dalam membangun perencanaan sebuah program pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi pada lingkungan serta latar belakang pengalaman siswa.Dengan cara Mendekatkan anak mengenai lingkungan sekitar, akan dapat menciptakan rasa cinta kepada lingkungan dan lama-kelamaan akan dapat menumbuhkan kesadaran akan kebesaran dan Maha Sempurnanya Allah sebagai Tuhan Yang Maha Pencipta.
– Pada Pelajaran Biologi akan lebih baik jika di lakukan pembelajaran ekosistem dan lingkungan hidup yang sangat menarik jika di pembelajaran dilakukan diluar kelas. Seperti Pembelajaran Ekosistem : proses pembelajaran yang menjelaskan tentang kesatuan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Komponen biotik dan abiotik yang saling mempengaruhi.

2.Manfaat untuk kesegaran dan keasrian lingkungan hidup
Suatu lingkungan hidup manusia yang baik, nyaman dan selaras merupakan sebuah kondisi lingkungan yang akan memberi revitalitas atau semangat hidup setelah orang mengalami suasana yang membosankan sehingga vitalitasnya turun. Energi yang terkuras pada akhirnya menjadi kejenuhan diri. Dalam lingkungan sekolah, guru dan murid memanfaatkan sebagian besar waktu dalam proses belajar- mengajar yang mungkin menimbulkan kelelahan dan kejenuhan. Sehingga membutuhkan waktu istirahat disebuah tempat yang menenangkan, dan juga dapat menimbulkan kenyamanan serta ketentraman hati

3.Manfaat untuk merangsang Kreatifitas Murid dan Guru
Dengan adanya sebuah taman sekolah dapat memberi peluang yang cukup bagi para guru dan murid-muridnya dalam meningkatkan daya kreativitasnya. Contohnya dengan cara berkelompok murid –murid menciptakan sayuran organik dengan menggunakan media pot untuk menanam. Selain itu para guru dan siswa dapat langsung mempraktikan berbagai hal mulai dari cara bercocok tanam yang baik, pembibitan dan perkembangbiakan tanaman sampai dengan pengolahan sampah yang tidak berguna menjadi barang yang bernilai ekonomi tinggi . Oleh sebab itu kebun sekolah juga harus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dan fasilitas untuk menunjang segala pekerjaan tersebut

4. Melatih murid menyenangi pekerjaan dan pembentukan disiplin
Sudah seharusnya bagi para siswa siswi belajar untuk mencintai pekerjaan, sehingga menjadi etos kerja yang membudaya . Pekerjaan di taman sekolah adalah dengan membangun dan memelihara dan juga memanfaatkannya. Di butuhkan rasa tanggung jawab terhadap ekosistem kehidupan tumbuhan yang dipelihara serta lingkungannya. Pemeliharaan dalam sebuah taman dapat memnumbuhkan etos kerja yang baik, karena para murid-murid akan merasa terikat pada tamannya yang menjadi tanggung jawabnya merupakan suatu semangat yang kompetitif. Selain itu juga dapat meningkatkan semangat kerja kelompok yang sangat diperlukan dalalam kehidupan bermasyarakat atau tempatnya bekerja dikemudian hari.

Kunjungi : Tukang Taman Profesional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *