Jenis Taman Yang Harus Anda Ketahui

Dengan semakin populernya fungsi taman sebagai salah satu elemen keindahan dalam sebuah tempat tinggal. Maka mengetahui jenis-jenis taman juga merupakan salah satu hal yang cukup penting. Tujuannya yaitu tentu saja untuk memadukan antara desain taman dengan gaya arsitektur dan ukuran tempat tinggal anda.

Dan berikut di bawah ini adalah jenis-jenis taman yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk membuat taman di tempat tinggal anda :

Taman Jepang
Sesuai dengan namanya, taman jepang adalah jenis taman yang mengadopsi gaya teman dari negeri matahari terbit tersebut. Dimana taman jenis ini mempunyai cirri khas berupa tanaman dan ornament khas jepang seperti Bonsai, bamboo, lonceng angin, batu dan kolam ikan. Taman jenis ini sendiri sangat cocok untuk rumah dengan gaya minimalis, namun tentunya dengan penggunaan ornament-ornamen yang tidak terlalu kental.

Taman Mediterania
Taman mediterania merupakan jenis taman yang paling tepat untuk dipadukan dengan rumah yang bergaya minimalis. Sementara , jenis tumbuhan yang dapat di tanam untuk taman jenis ini yaitu Agave, Yucca, Nolina dan juga sikas. Selain itu, penggunaan beberapa ornament seperti lampu taman, patung, pot dengan penyangga, kolam ikan, dan batu koral juga merupakan elemen utama dari taman jenis ini. Umumnya, taman jenis ini cenderung lebih sederhana dan bersifat lebih simetris jika dibandingkan dengan taman jenis lainnya.

Taman Minimalis
Sebuah taman bisa dibilang sebagai taman minimalis atau bukan yaitu bisa dilihat dari luas taman serta penggunaan ornament pelangkap di dalamnya. Jika taman dibangun tidak begitu luas dengan ornament yang cukup sederhana maka taman tersebut dapat di kategorikan sebagai taman minimalis.

Taman Kering
Taman kering ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis taman-taman lainnya, dimana taman jenis ini tidak banyak melibatkan unsur air didalamnya, selain itu, jenis tanaman yang digunakan juga biasanya merupakan tanaman yang tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh, karena mengingat area taman jenis ini biasanya terdapat di dalam rumah.

Taman Eropa
Berbeda dengan beberapa jenis taman sebelumnya, taman Eropa ini merupakan jenis taman yang cukup kompleks. Penggunaan tanaman bunga dengan beragam warna yang di padukan dengan ornament-ornamen khas taman-taman di Eropa adalah ciri-ciri dari jenis taman ini. Sementara untuk luasnya sendiri, taman eropa ini biasanya memiliki luas area yang cukup lebar dan dikategorikan untuk rumah-rumah mewah yang memiliki lahan yang luas.

Taman klasik
Taman Klasik adalah jenis taman yang banyak di gemari pada masa lalu. Berbeda dengan taman minimalis, luar area taman ini biasanya lebih luas dengan pohon di dalamnya, seperti pohon palm dan juga pohon cemara. Selain dapat menambah nilai keindahan sebuah rumah, taman klasik ini juga biasanya bisa digunakan untuk tempat bemain karena mengingat luas areanya yang cukup luas.

Taman Bali
Taman Bali merupakan salah satu konsep taman dalah negeri yang cukup diminati saat ini. Dimana taman ini sendiri terinspirasi dari kebudayaan masyarakat bali, seperti penggunaan gazebo, patung, kolam dan pintu gerbang khas bali merupakan cirri-ciri dari taman jenis ini. Tetapi yang harus diingat adalah, taman ini memiliki karakter yang sangat kuat sehingga tidak semua rumah bisa dipadukan dengan taman jenis ini.

Taman Vertikal
Taman Vertikal merupakan salah satu pilihan yang paling tepat bagi anda yang ingin membuat sebuah taman namun tidak memiliki lahan yang cukup. Karena dengan konsep ini, kita bisa membangun sebuah taman secara vertical dengan dinding atau tembok sebagai area taman. Dan jenis tanaman yang bisa digunakan untuk taman vertical ini yaitu hanya sebatas bunga-bunga saja atau tanaman yang merambat.

Kunjungi : Tukang Taman Profesional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *