Jenis Rumput Yang Cocok Untuk Taman

Rumput merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah taman. Karena selain sebagai penutup tanah atau ground cover, rumput juga alas yang nyaman untuk beraktivitas di alam terbuka. Akar dari rumput juga sangat baik untuk mengikat agregat atau butir-butir tanah sehingga dapat mengurangi atau mencegah terjadinya erosi tanah.

Namun, perlu diketahui bahwa rumput memiliki banyak jenisnya, dan sebelum anda memutuskan untuk menentukan jenis rumput yang akan di pakai untuk taman rumah anda, maka ada baiknya anda harus terlebih dahulu mengetahui beberapa jenis rumput yang ada. Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis rumput yang cocok untuk taman :

1. Rumput Gajah Lokal
Rumput jenis ini sangat mudah ditemukan dan harganya juga paling murah. Namun jenis ini sangat jarang digunakan untuk taman karena memang memiliki tekstur yang kurang bagus, yaitu ukuran helai daunnya yang besar dan kasar. Tetapi, kelebihan dari rumput jenis ini yaitu, tahan terhadap pijakan kaki manusia dan bisa bertahan walaupun kekurangan air.

2. Rumput Gajah Mini
Rumput jenis ini adalah jenis yang paling banyak digunakan, karena selain harganya yang murah, perawatan rumput jenis ini juga cukup mudah. Dan bedanya sama rumput gajah biasa yaitu teksturnya yang lebih bagus dan lebih kecil. Selain itu, rumput jenis ini juga cukup mudah tumbuh dengan penyinaran matahari 50% dan hanya membutuhkan sedikit pupuk, namun harus dipangkas sebulan sekali. Bukan hanya itu saja, rumput ini juga tahan terhadap pijakan kaki, sehingga sangat cocok untuk digunakan pad ataman bermain anak-anak.

3. Rumput Gajah Mini Variegata
Berbeda dengan kedua jenis Rumput Gajah di atas, rumput jenis Variegata ini memiliki campuran warna putih yang cukup banyak pada setiap helai daunnya. Sementara untuk harganya sendiri, Variegata ini sedikit lebih mahal dari jenis rumput gajah mini dan lokal. Dan rumput jenis ini memiliki kelebihan yang hampir sama dengan rumput gajah mini, yaitu daunnya yang tidak cepat panjang sehingga membutuhkan perawatan yang mudah dan tidak perlu di potong setiap bulannya.

4. Rumput Jepang
Rumput jenis ini juga merupakan favorit para developer untuk menghias tamannya. Karena rumput ini memiliki bentuk yang rapi, helai daunnya kurus dan tumbuh rapat. Tetapi, rumput jenis ini butuh perawatan yang lebih banyak di bandingkan jenis rumput gajah mini. Mulai dari pemupukan urea sebulan dua kali, penyiraman secara rutin, pemangkasan setiap sebulan sekali, hingga butuh pencahayaan yang cukup.

5. Rumput Peking
Rumput jenis ini hampir sama dengan rumput jepang, namun yang membedakannya yaitu helai daunnya yang tumbuh lebih jarang dan teksturnya lebih lembut. Selain itu, rumput jenis ini juga memiliki tampilan yang rapid an terkesan mewah sehingga harganya sedikit lebih mahal. Sementara untuk perawatannya sendiri, rumput peking ini memiliki ketahanan cuaca yang cukup baik pada musim hujan.

6. Rumput Swiss
Rumput Swiss merupakan jenis rumput yang paling halus dari semua jenis rumput, sehingga tidak heran jika memiliki harga yang paling mahal serta membutuhkan perawatan yang extra. Jika anda ingin menggunakan rumput jenis ini, maka pastikan bahwa pencahayaannya minimal 80%, dipotong minimal sebulan sekali dan juga diberi pupuk urea. Selain itu, pastikan bahwa rumput ini berada di area yang kering, karena jika di area yang lembab rumput ini tidak dapat tumbuh secara maksimal.

7. Rumput Golf
Rumput jenis ini memang jarang sekali digunakan untuk menghias taman. Karena selain memiliki harga yang mahal, perawatannya juga tidak mudah. Dimana rumput ini membutuhkan penyinaran matahari sekitar 100%, dipangkas minimal dua minggu sekali, dan juga tidak tahan di injak. Namun rumpput golf ini memiliki ukuran pendek yang menawan, sehingga sangat cocok di gunakan untuk taman landscape yang luas.

Kunjungi :  TUKANG TAMAN PROFESIONAL

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *